Senin, 01 September 2014

Mobil Overheat Saat Macet ?

Overheat merupakan salah satu trouble yang bisa terjadi pada motor ataupun mobil dengan sistem pendinginan cair. Ada beberapa  hal yang menyebabkan mesin mengalami panas berlebih atau overheat, beberapa diantaranya kipas motor fan lemah, motor fan mati (memang sudah ajalnya atau sekringnya putus), terganggunya thermoswitch (kotor atau rusak), cairan dalam radiator habis (kemungkinan bocor), waterpump rusak, dan bisa jadi karena radiatornya mampet (cuma ini yang tahu..hehe)

Berawal saat penulis mengalami overheat pertama yaitu saat pulang dan sudah dekat rumah dengan kondisi perjalanan (jalan sempit) dan kecepatan kurang dari 20km/jam ternyata tanpa sadar terdengar suara raungan mobil lebih keras dari biasanya setelah melihat indikator temperatur, alamak... hampir nyentuh batas maksimal..!! Dengan kondisi panik karena baru pertama kali mobil timor kesayangan ini langsung di parkir di rumah dan langsung terdengar suara mendesis dari tabung penampungan air radiator dan air tumpah (tinggal tidur aja...)

Dari overheat tersebut dilakukanlah beberapa riset dengan menanyakan saudara-saudara yang sudah expert di dunia otomotif tentang permasalahan ini dan melakukan sarannya tersebut antara lain penggantian motor fan dan kuras air radiator. Setelah motor fan diganti ternyata radiator kembali normal saat diajak joging dan jalanan lancar namun overheat kembali saat kondisi jalan tersendat dan macet total, maka indikator temperatur langsung naik melebihi normalnya setengah kurang sedikit.

Karena motor fan sudah diganti baru maka dugaan berikutnya ialah radiator mampet gak lancar, setelah coba dicek dengan membuka tutup radiator saat agak panas air didalam radiator langsung muncrat keatas katanya sih normalnya air gak muncrat tapi terhisap pada saat gas di naikkan.

Mampetnya jalur radiator ini bisa jadi karena penulis sendiri kurang merawat radiator itu yang berakibat dengan terganggunya siklus pertukaran air panas dalam mesin dan air dingin di dalam radiator.

Setelah radiator di korok dengan biaya Rp. 175.000 di kang radiator, maka radiator siap di pasang dan di tes dan ternyata air terhisap tidak muncrat. Pengujian berikutnya ialah macet setelah mengalami macet selama 15 menit awal indikator temperatur tetap normal, berarti masalah sudah solve.

Terima kasih saudara-saudara ku atas ilmunya, radiator adem kepala adem..hehe

_enjoy your drive, keep safety_



Tidak ada komentar:

Posting Komentar