Kamis, 17 Juli 2014

motor fan radiator ngorok


Beberapa waktu lalu ketika ingin mengajak jogging dengan timi ada yang aneh tidak seperti biasanya, saat sedang memanasi timi dan menyalakan AC terdengar bunyi ngorok didalam kap mesin, setelah di cek dan ditelusuri ternyata sumber bunyi ngorok dari fan cooling (fan radiator). Disamping itu diikuti juga dengan overheat dengan indikator suhu lebih dari normal pada saat AC off pas di intip di bagasi ternyata fan ga muter saat temperatur maksimal tercapai, kecurigaannya ialah fan telat muter atau memang sudah mokat ?

Kalau sudah terjadi kondisi seperti diatas ada beberapa hal yang harus diperhatikan di sistem pendinginnya terutama pada relay yang bertugas memutus dan menyambung arus ke motor fan dan motor fan itu sendiri yang minta diganti karena sudah sekarat.

Alhasil rencana jogging dengan timi batal dan diganti dengan mengganti motor fan yang sudah sekarat tersebut.
Persenjataan yang dibutuhkan ialah :
  1. Kunci pas no. 10 
  2. Tang buaya 
  3. Baut ukuran 10 dan 8 masing masing 4 buah (optional) 
  4. Sealent 
  5. Air radiator 
  6. Obeng plus-minus 
  7. Rokok 
  8. Kopi item 
  9. Relay fan cooling
  10. Dan jangan lupa motor fan
Setelah semuanya siap mari beraksi :
  1. Minum kopi yang tersedia dan hisap 1 batang rokok 
  2. Lepas soket motor fan dari sumber listrik 
  3. Buka selang radiator atas menggunakan tang buaya (buka klem) dan tarik selangnya 
  4. Lalu lepaskan fan dari radiator dengan membuka 4 buah baut ukuran 10, 2 baut di atas dan 2 buah baut di bawah untuk 2 baut dibawah tidak usah ngolong cukup di raba dan di terawang saja 
  5. Setelah fan lepas dari radiator pisahkan baling-baling dari motor dengan melepas kancing penguncinya 
  6. Lepaskan motor radiator dari rumah fan dengan membuka 3 buah baut ukuran 10. Dalam beberapa kasus ada motor fan yang dudukannya menggunakan baut ukuran 8. 
Setelah motor fan yang rusak lepas, sila pasang motor fan yang baru dengan urutan terbalik dari nomor 6.

Usahakan saat mengganti motor fan kondisi radiator dan mesin dalam keadaan dingin, untuk mengurangi resiko terkena air panas radiator dan menyentuh mesin yang panas. Saat akan memasang selang radiator atas sekalian dibersihkan sisa sealent (jika ada) yang masih menempel dan berikan sealent baru di bagian luar pipa radiator jangan di dalam selangnya, ini untuk mencegah sealentnya masuk dalam sirkulasi air radiator dan menyumbatnya dan tambahkan air radiator sampai terisi penuh.

Karena tadi curiga relay fan-nya mati maka sekalian saja ganti relay yang lama dengan yang baru, letaknya di dalam box sekering sebelah kanan dan sila habiskan kopi dan nyalakan rokoknya.

Selamat mencoba.



-keep safety, enjoy your drive-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar